Radiasi Handphone

Salah satu keburukan dari menggunakan ponsel adalah radiasi pada saat ponsel tersebut.Untuk mengurangqi radiasi pada ponsel dapat menggunakan cara berikut ini,

1. Perbarui perangkat ponsel Anda dengan tekonologi 3G atau di atasnya
Menurut laporan IARC, ponsel generasi ketiga (3G)  memancarkan radiasi 100 kali lebih rendah dari jaringan GSM (2G).  Sementara itu, Joel Moskowitz, PhD, direktur  the School of Public Health di University of California–Berkeley, mengatakan, radiasi ponsel yang lebih rendah dari GSM bisa didapatkan pula dengan memakai ponsel berbasis jaringan CDMA. Jadi Anda bisa memililih ponsel dengan layanan 3G atau CDMA untuk mendapatkan efek radiasi yang lebih rendah.
2.  Gunakan perangkat hands-free
Headset yang Anda kenakan bisa memberikan jarak antara perangkat ponsel dengan tubuh Anda. Pemakaian bluetooth tidak bermasalah, karena besaran radiasi bluetooth juga 100 lebih kecil daripada harus kontak langsung ponsel. Cara lain, Anda bisa menggunakan speaker-phone untuk berkomunikasi.
- Cobalah menggunakan pengeras suara
Keuntungan menggunakan pengeras suara adalah mengurangi jarak antar ponsel dengan telinga anda.Sehingga anda dapat terbebas dari radiasi ponsel.
- Gunakan Headset tetapi bukan headset Bluetooth
Gunakan headset yang terhubung langsung dengan ponsel anda,jangan menggunakan headset bluetooth karena akan menimbulkan radiasi lagi
- Cobalah jauhkan ponsel dengan telinga
Caranya saat kita melakukan panggilan,sebaiknya kita melihat layar ponsel jangan memasang ponsel ke telinga terlebih dahulu sebelum panggilan masuk.
3. Jangan berpindah tempat sewaktu menelepon
Ponsel akan memancarkan radiasi lebih tinggi ketika harus melakukan pencarian sinyal dari satu menara pemancar (BTS) ke pemancar lain, saat Anda berpindah tempat. Pastikan Anda mendapatkan sinyal yang kuat dahulu sebelum melakukan panggilan telepon. Maka, jangan menelepon sambil mengemudi.
4. Cari sinyal kuat sebelum menelepon
Ketika ponsel Anda menunjukan batang sinyal yang rendah, segera cari tempat yang memiliki sinyal lebih kuat sebelum menelepon. Ini untuk menghindari ponsel melakukan pencarian sinyal yang dapat meningkatkan radiasi.
- Jangan menggunakan ponsel saat sinyal lemah
Saat sinyal lemah,jangan sekali-kali anda menggunakan ponsel karena sinyal lemah akan membuat ponsel berkerja ekstra untuk mendapatkan sinyal dan tentunya radiasi yang terjadi akan sangat besar.

medan elektromagnetik frekuensi radio yang muncul dari ponsel diklasifikasikan “mungkin karsinogenik bagian manusia”, atau menjadi penyebab munculnya sel-sel kanker. Dalam studi lain dikatakan, sel kanker tersebut akan menjadi ganas setelah 10-15 tahun mendatang. Bagian kepala menjadi cukup beresiko terhadap munculnya kanker ini.
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar