Buffon Sebut Italia Punya Mentalitas yang Unik

FOTO:(Getty Images/Claudio Villa)
Kiev - Italia dikenal sebagai tim yang justru kuat saat dihadapkan pada kesulitan. Gianluigi Buffon menyebut jika Italia punya mentalitas yang unik.

Italia pernah diguncang skandal pengaturan skor di tahun 1982. Namun di tahun itu, Paolo Rossi dkk. justru keluar sebagai juara dunia.

Di tahun 2006, skandal yang dikenal dengan nama calciopoli juga mengganggu persiapan Italia jelang Piala Dunia yang digelar di Jerman. Tapi pada akhirnya, Gli Azzurri tampil sebagai kampiun.

Sebelum Piala Eropa 2012 bergulir, Italia kembali diganggu oleh skandal judi bola yang dikenal dengan nama calcioscommesse dan melibatkan beberapa pemain Seri A. Domenico Criscito yang sempat masuk dalam skuad untuk ke Polandia-Ukraina juga diperiksa terkait kasus tersebut.

Namun sekali lagi Italia menunjukkan bahwa skandal yang muncul sebelum bergulirnya turnamen tak pernah mengganggu mereka. Tim arahan Cesare Prandelli ini kini sudah menjejak babak final Piala Eropa 2012 dan berpeluang untuk kembali 'mengulang' sejarah.

"Tentu ada sesuatu yang spesial. Setelah semua gosip, orang Italia punya rasa tanggung jawab dan rasa hormat pada seragam yang melebihi batas kami," ujar Buffon seperti dikutip AFP.

"Kami punya kesempatan untuk menunjukkan seberapa besar negara kami. Tidak selalu mudah, tapi kami selalu mencoba dan menemukan cara untuk membentuk tim yang solid."

"Ada banyak solidaritas dan kami berpikir di jalan yang sama. Itulah kekuatan kami," tutup kapten Italia itu.

Italia akan menhadapi Spanyol di partai puncak yang akan dimainkan di Olympic Stadium, Kiev, pada Senin (2/7/2012) dinihari WIB.
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar