Jatuh Cinta Pada Paman Sendiri

Tanya:
Aku punya seorang tante yang menikah waktu umurku 6 tahun. Tapi kami memang tinggal berjauhan dan tidak terlalu dekat, jadi selama 17 tahun aku tak pernah bertemu om dan tanteku itu. Kemudian aku bertemu lagi dengan omku, ia sekarang sudah bercerai dengan tanteku karena tanteku abusive. Setelah 17 tahun tak bertemu, aku kaget melihat omku sangat tampan. Ia juga sukses dan statusnya sudah single. Kami jadi dekat, bertemu dan kontak hampir setiap hari.

And now, I think I am in love with him. Orangtuaku mengizinkan aku untuk berpacaran dengan pria yang lebih tua, tapi mereka tidak tahu bahwa pria yang aku maksud adalah omku sendiri. Apa yang harus aku lakukan? 

Cecilia, 24 tahun


Jawab:
Hai Cecilia

Ada perbedaan antara “I think I am in love” dengan “I know I am in love”. Yang paling mudah adalah membiarkan dulu waktu menunjukkan perbedaannya. Biarkan waktu menjawab apakah yang Cecil rasakan adalah cinta atau sekedar suka (baca kagum) pada penampilannya?

Ketampanan dan kesuksesan ditambah kedekatan yang terus terjalin memang bisa menimbulkan rasa suka bahkan sayang, tapi untuk masuk ke rasa cinta, perlu dipikirkan lagi agar tidak salah mengartikan dan malah menyakiti.

Cecil harus berusaha melihat isyaratnya, apakah kedekatan ini berarti cinta atau hanya kebaikan sebagai saudara? Lalu apakah keluarga juga bisa mengerti keadaan ini? 

Selain itu, melihat dari kondisi Cecil, bicarakan dulu baik-baik dari hati ke hati dengan orang tua, dengarkan nasihat dan pendapat mereka dengan hati tenang yang terbuka, jangan gunakan emosi yang malah membutakan logika. 

Mungkin orang tua Cecil tidak bermasalah bila Cecil pacaran dengan yang usianya jauh lebih tua, tapi apabila orang itu adalah mantan suami adiknya, apakah mereka masih memiliki pendapat yang sama? Apabila jawabannya iya, maka mintalah dukungan mereka dalam menjalani kebersamaan yang ada.

Tapi yang paling penting adalah untuk berhati-hati mengartikan isyarat hati, supaya tidak tersakiti di kemudian hari.

Terima kasih sudah berbagi,
Stay In Love
Artikel Terkait

0 komentar:

Posting Komentar